Peringatan Hari Guru Nasional - 2022


Hari Guru Nasional diperingati pada tanggal 25 November 2022 yang bertepatan pada hari Jumat. Peringatan Hari Guru Nasional adalah hari besar nasional ini bertujuan untuk memperingati peran serta jasa para guru di Indonesia.
Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. (UU No. 14 Tahun 2005)

Sebagai penghormatan kepada guru, pemerintah melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan tanggal 25 November selain sebagai HUT PGRI juga sebagai Hari Guru Nasional. Untuk memperingati Hari Guru Nasional 2022, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) telah memberikan berbagai apresiasi terhadap dedikasi guru termasuk dalam menyelenggarakan peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022.

Sepenggal kata sambutan Kepala SMPN 1 Jayanti “Atas kecintaanmu ini, gurumu hanya bisa terharu dan tertegun. Gurumu tak mampu berkata sedikitpun. Dan gurumu hanya bisa berdoa, semoga kalian semua adalah siswa merdeka Bahagia.

Kata-kata ini disampaikan oleh Kepala SMPN 1 Jayanti saat menyampaikan amanat upacara pada peringatan Hari Guru Nasional, Jum’at 25 November 2022. Bertempat di halaman sekolah, kegiatan upacara diikuti oleh seluruh civitas akademika SMPN 1 Jayanti.

Menurut Kepala SMPN 1 Jayanti dihadapan para siswa, keikhlasan siswa untuk berdiri di lapangan, berpanas ria merupakan cerminan rasa cinta kepada para guru.

Ia juga berharap agar siswa juga ikut mendoakan agar para guru dapat mengemban pesan penting bapak menteri, menjadi guru pembelajar sejati, terus berkreasi tak takut berinovasi dan komit pada moderasi beragama demi NKRI, serta wujudkan aksi sesuai tema “Berinovasi Mendidik Generasi”.

Pada kesempatan ini juga dinyanyikan Hymne Guru dan lagu “Terima Kasihku” oleh tim paduan suara guru SMPN 1 Jayanti yang sangat semangat. Di akhir upacara dinyanyikan lagu “Ojo Dibandingke”.

Suasana menjadi tambah semarak saat para peserta didik ikut bernyanyi bersama. Pada saat yang bersamaan sebagian peserta didik membagikan bunga, kue dan lain sebagainya kepada para guru sebagai rasa cinta dan kasih sayang.

Tonton Video Hari Guru Nasional SMPN 1 Jayanti

Lebih baru Lebih lama